Living In Great Faith (Hidup Dalam Kesempurnaan Iman)

Living In Great Faith (Hidup Dalam Kesempurnaan Iman)

Mar 22, 2009

Iman bukanlah istilah yang asing dalam dunia keagamaan, termasuk dalam kekristenan. Namun banyak orang tetap melihat iman sebagai sinonim dari kata percaya. Pengertian yang sempit tentang iman membuat banyak orang tidak menganggap penting pokok iman ini. Hal ini membuat mereka tidak mau menjaga dan membangun iman mereka, bahkan tidak sedikit yang kemudian menukar iman mereka hanya karena alasan-alasan materi, jabatan dan sebagainya. Sebab itu alam mengahadapi kenyataan hidup, saudara memerlukan iman untuk membuat saudara bertahan bahkan alkitab berkata kalau kita mau menyenangkan Tuhan, kita harus hidup di dalam iman karena tanpa iman tidak mungkin seorang pun berkenan kepada Tuhan. kalau Tuhan berkenan atas kita, maka kehidupan kita akan berbeda, yaitu kehidupan yang bergairah dan sukacita.

Ada seorang anak muda didalam alkitab bernama Daniel yang hidup di tengah-tengah pusat pemerintahan Babilonia. Daniel adalah orang muda yang tangguh, berhikmat dan hidupnya berkenan kepada Tuhan. Suatu ketika sang raja Nebukadnezar mendapat suatu mimpi yang tidak seorang pun bisa menjelaskan arti dari mimpi tersebut selain Daniel yang oleh Roh Tuhan dia mampu menjawab mimpi sang raja. Sekali pun bagi manusia apa yang di alami Daniel adalah hal yang tidak mudah untuk di kerjakan,tetapi dia memiliki keberanian untuk menghadapi sang raja dan meminta supaya dia diberikan waktu untuk bertanya kepada Allahnya. Sebab Daniel memiliki iman kepada Allahnya bahwa Allahnya sanggup melakukan perkara yang besar dan dasyat.

Tetapi masalah yang terjadi di dalam tubuh Kristus adalah lunturnya iman kepada Tuhan pada saat mereka menghadapi tantangan dan tidak dari mereka hidup dalam kekalahan.

Efesus 3:20 “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita…”

Apabila kita memiliki pola pikir yang benar tentang siapa Allah kita, bahwa Dia adalah Allah yang sanggup melakukan perkara yang jauh lebih besar dari apa yang kita pikirkan dan doakan, maka seharusnya kita tidak perlu takut untuk menghadapi tantangan di dalam hidup ini. Ketahuilah bahwa saudara disertai oleh Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dan bagi Dia tidak ada satu pun yang mustahil karena saudar akan di bawa kepada kemengan oleh iman di dalam Kristus.

Roma 1:17 = Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

Orang benar hidup oleh iman tetapi kalau sebaliknya, maka kita belum menjadi orang benar karena kehidupan orang benar adalah kehidupan dari iman kepada iman. Sebab itu kalau saudara mengalami pergumulan dalam kehidupan, saudara tidak perlu heran karena iman teruji dan terbukti hanya pada waktu kita menghadapi pergumulan (Ibr.11:1). Sebab itu alkitab berkata di dalam Markus 11:22 Yesus menjawab mereka: “Percayalah kepada Allah.”
Perintah Yesus kepada kita, “milikilah iman didalam Allah.” Mintalah iman kepada Allah karena Dialah sumber iman yang mampu membawa kita dari kemenangan kepada kemenangan.

Ada tiga kutipan tentang iman yang perlu saudara ketahui, di antaranya adalah:

  1. “Iman itu melihat yang tidak kelihatan, percaya yang dasyat dan menerima yang tidak mungkin.”
  2. “Iman yang kecil akan membawa kita ke sorga, tapi iman yang besar akan membawa sorga masuk dalam hati kita.”
  3. “Iman itu seperti otot yang bisa tumbuh kuat kalau dilatih, apabila tidak di latih maka tidak ada pertumbuhan.”

Iman adalah anugerah Allah sebab itu mintalah iman kepada sumber iman itu sendiri. Sebab benih iman yang kita terima dari Allah harus kita peliharasupaya mengalami pertumbuhan sehingga iman kita bertambah besar dan hidup dari kemenangan kepada kemenangan, dari kemuliaan kepada kemuliaan. Tuhan Yesus memberkati. Amin!!!

Leave a Reply