Kingdom Community

Tahun 2009 Masehi adalah tahun 5769 perhitungan Ibrani. Angka 60 diwakili huruf Samekh (bentuknya seperti cincin). Ini adalah cincin pertunangan. Di sini Tuhan akan menunjukkan perbedaan antara orang yang mengasihi Dia dan orang yang tidak mengasihi Dia. Angka 9 diwakili huruf teth (bentuknya seperti rahim). Rahim berbicara mengenai keintiman dan juga berbuah (fruitfulness). Ditengah-tengah kegersangan, kita akan mengalami pelipatgandaan.

Saat ini saya mengajak setiap kita untuk bermimpi karena masa depan adalah untuk para pemimpi. Saya percaya di kota ini akan muncul masyarakat mesianik. Apakah masyarakat mesianik (Kingdom Community) itu? Komunitas yang berbeda kulturnya (kebiasaan) dengan yang lain. Sebagai contoh : orang Surabaya yang biasanya kalau bertemu dengan teman biasanya mengucapkan kata-kata yang kasar dan kotor, akan mengucapkan salam dan saling memberkati ; tidak ada seorang gadis yang hamil di luar nikah karena itu memang bukan kultur kita ; tidak ada orangtua yang menyerahkan anaknya kepada orang yang tidak seiman, juga tidak ada yang bercerai ; tidak ada pengusaha yang tidak bayar pajak karena itu bukan kultur kita, tidak ada orang yang menipu karena itu bukan kebiasaan kita. Kultur mesianik ini bukannya tidak mungkin akan terjadi di masyarakat kita.

Ada perbedaan antara orang yang menyembah Tuhan dan yang menyembah mamon. Untuk menghadapi kesulitan ekonomi yang dimulai dari Amerika yang akan menuju kepada resesi bahkan depresi, maka Presiden terpilih Obama akan mengadakan penyelamatan resesi dengan memberikan stimulus untuk ekonomi. Ekonomi itu terdiri dari 2 kata yaitu oikos (rumah tangga) dan nomos (aturan), jadi kalau rumah tangga sesuai dengan tatanan Firman Tuhan maka ekonomi juga tidak akan bermasalah. Dari rekening koran kita akan kelihatan apa dan siapa sebenarnya yang terutama di dalam hidup kita. Kalau kita mengutamakan Tuhan dan menyembah Dia di atas segala sesuatu maka kita akan melihat hasil yang luar biasa.

II Taw 29:36 Hizkia dan seluruh rakyat bersukacita akan apa yang telah ditetapkan Allah bagi bangsa itu. Karena hal itu terjadi dengan tak disangka-sangka.
Di dalam II Tawarikh 29 diceritakan mengenai Raja Hizkia (Hezekiah). Hezekiah artinya dibuat kuat oleh Jehovah (“Jehovah made him strong”). Keadaannya sangat terpuruk pada saat itu tetapi pada bulan pertama tahun pertama pemerintahannya yang dia lakukan adalah membersihkan dan memperbaiki hubungannya dengan Tuhan.

Ada 5 hal yang perlu kita lakukan :

  1. II Taw 29:2 “Do what is right”(Lakukan apa yang benar)
    Orang dunia melakukan apa yang baik “Do what is good” tetapi kita mempunyai standar yang lebih tinggi, kita melakukan apa yang benar. Hidup kita akan berkemenangan kalau kita melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Yesus. Banyak orang tidak tahu prioritas yang utama karena tidak tahu mana yang benar. Ada seorang hamba Tuhan yang mengatakan: “The main thing is to keep the main thing the main thing” (hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan yang utama menjadi yang terutama). Yesus berkata “Carilah dulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semuanya akan ditambahkan kepadamu”, dalam kotbahNya dibukit Dia berkata “Jangan kamu kuatir apa yang kamu makan, apa yang kamu minum sebab semuanya itu dicari oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, tetapi kamu carilah dulu Kerajaan Allah”. Kata “cari” disini adalah mencari dengan segenap tenaga dan kekuatan.
  2. “Set your house in order” (Atur rumah tanggamu)
    Berkat akan mengikuti dengan sendirinya kalau kita mengatur rumah tangga sesuai dengan Firman Tuhan. Hizkia memanggil orang-orang Lewi yang sudah dipecat oleh ayahnya untuk kembali dan mengusir para penyembah berhala dari rumah Tuhan.
    Di dalam II Raja 20:1 “… “Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.” (KJV – …, Thus saith the LORD, Set your house in order; for thou shalt die, and not live”).
  3. “Sanctify yourself” (Kuduskan dirimu)
    Di dalam Yos 3:5Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: “Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu.” Kita ditebus untuk dijadikan imam dan raja. Kalau ingin melihat mujizat, kita lakukan apa yang menjadi bagian kita dan Tuhan akan melakukan bagianNya. Karena sebelum kita menguduskan diri, kita tidak akan mendapat “fulfillment”. Kita tidak mungkin mandi dengan satu gelas tetapi kita perlu air yang banyak. Air adalah Firman Tuhan, kita perlu baca Firman Tuhan sebanyak-banyaknya.
    II Kor 6:16-18 ; 7:1 Apakah hubungan bait Allah dan berhala? Dengan siapa kita bergaul, itu menceritakan tentang siapa kita, sebab burung itu terbang dengan yang sama bulunya. Contoh: burung gagak akan terbang bersama burung gagak yang lain bukan dengan burung rajawali.
    Rumah kita adalah Taman Eden, Surga di atas muka bumi. Mungkin saat ini rumah kita seperti neraka tingkat ke 7 tetapi Tuhan bisa merubah dengan sekejap asal jangan putus asa.
  4. Bersihkan rumahmu
    Bersihkan rumahmu dari segala kenajisan. Ketika saya bertobat yang pertama saya lakukan adalah membakar semua jimat-jimat dan semua barang-barang yang menjadi kenajisan dihadapan Tuhan. Dan Firman Tuhan mengatakan bahwa Tuhan akan melakukan perbuatan yang ajaib.
  5. Efesus 4:29 – 5:1-5 “Carry out the rubbish”(keluarkan sampah dari rumah Tuhan)
    Kalau saat ini kita berada di dalam kumpulan orang yang buruk, jangan sungkan untuk keluar dari kelompok itu. Apakah sampah-sampah yang harus dikeluarkan?

    • Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun
    • Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah : segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
    • Percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.
    • Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.
    • Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian (warisan) di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Umat Tuhan adalah “giver” (pemberi) dan inilah yang membedakan umat Tuhan dengan penyembah berhala. Orang serakah dan orang kikir itu sama, orang boleh hemat tetapi kalau kikir itu termasuk kutuk.

Mari kita bersih-bersih dari setiap perkataan, telinga, dan pikiran kita. Lakukan apa yang benar dan apabila ada hubungan-hubungan yang tidak benar langsung di potong saja. Ketika kita membersihkan diri dari segala amarah, segala perkataan kotor maka kita akan mendapat warisan dalam Kerajaan Allah. Amin

%d bloggers like this: