Year Of New Heights

Yesaya 41:18  Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.

Tahun ini mempunyai tema, the year of New Heights.  Banyak orang bilang bahwa tahun 2017 adalah tahun yang tidak lebih baik, tetapi kita bersyukur bahwa kita punya Tuhan yang bisa diandalkan dalam kehidupan kita.  Tuhan kita adalah Tuhan yang setia akan janjiNya.  Dan ayat bacan kita hari ini merupakan ayat tema kita, dan disana dikatakan bahwa Tuhan akan membuat sungai memancar di atas bukit gundul.  Kita tahu bahwa di Timur Tengah, daerah perbukitan adalah daerah yang kering dan merupakan daerah berbatu.  Dan bersyukur justru di daerah yang sulit itu, Tuhan akan membuat aliran air memancar.  Bahkan, di daerah padang gurun, Tuhan bisa membuat telaga.  Hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa pasal 40-66, ditulis selama tahun-tahun terakhir dari hidup nabi Yesaya, dan merupakan nubuatan yang memberi penghiburan kepada umatNya selama mereka tertawan di babel 150 tahun sesudah jaman Yesaya (Yesaya 39:5-8).

Apa yang Tuhan kerjakan di tahun ini adalah hal-hal yang luar biasa, sebab itu kita perlu memasuki tahun ini dengan mempunyai rasa haus dan lapar yang lebih lagi akan pengenalan kita kepada Tuhan, sehingga hal-hal yang kelihatannya tidak mungkin, Tuhan akan kerjakan dalam kehidupan kita (Yeremia 17:7-8).  Dari ayat tema kita tahun ini, saya mencatat ada 4 hal yang Tuhan akan kerjakan dalam kehidupan kita:

  1. Membuat sungai memancar di atas bukit gundul. Hal ini yang saya sebut dengan “inovasi” dimana air tidak mungkin bisa nampak di atas bukit-bukit yang gundul.  Kita tahu bahwa sungai adalah tempat dimana air akan selalu ada dan terus mengalir, sementara gunung batu (yang gundul), adalah tempat dimana tidak akan pernah ada air dan tumbuh-tumbuhan.  Tapi Tuhan dengan segala kebesaran Nya akan mengerjakannya untuk kita.
  2. Membuat mata air membuat di tengah daratan. Hal ini yang saya sebut dengan “multiplikasi” dimana akan ada air lebih banyak lagi karena yang Tuhan kerjakan adalah mata air, dan itu dikerjakanNya di tengah daratan (dalam bahasa Inggris dipakai kata “valley” atau lembah).  Kita tahu bahwa lembah adalah tempat yang berada di antara dua dataran tinggi dan ada dalam posisi rendah, dan tidak mungkin muncul mata air di tempat yang rendah.
  3. Membuat padang gurun menjadi telaga. Hal ini yang saya sebut dengan “reformasi” dimana Tuhan akan mengubah tempat yang kering dengan cuaca yang ekstrim menjadi tempat yang penuh dengan air, yaitu telaga.
  4. Memancarkan air dari tanah kering. Hal ini yang saya sebut dengan “transformasi” dimana ada air yang terus menerus terpancar dari tanah yang kering.  Kita tahu kondisi kering adalah kondisi yang tidak ada air. Tetapi Tuhan membuat apa yang tidak mungkin, akan terjadi.

Apapun yang orang katakan untuk tahun 2017, mungkin memang kondisi tidak akan lebih baik, mungkin keadaan tetap tidak enak bagi kita.  Tapi mari kita sebagai warga kerajaan Allah, kita semakin memiliki rasa haus dan lapar kepada Tuhan.  Saya percaya, Tuhan sanggup melakukan inovasi, multiplikasi, reformasi dan bahkan transformasi di tengah kondisi dan keadaan apapun yang kita alami.  Selamat tahun baru 2017.  Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: