Sukkoth (Hari Raya Pondok Daun)

Imamat 23:33-34, 42-43
33 TUHAN berfirman kepada Musa:  34 “Katakanlah kepada orang Israel, begini: Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu ada hari raya Pondok Daun bagi TUHAN tujuh hari lamanya.  42 Di dalam pondok-pondok daun kamu harus tinggal tujuh hari lamanya, setiap orang asli di Israel haruslah tinggal di dalam pondok-pondok daun,  43 supaya diketahui oleh keturunanmu, bahwa Aku telah menyuruh orang Israel tinggal di dalam pondok-pondok selama Aku menuntun mereka sesudah keluar dari tanah Mesir, Akulah TUHAN, Allahmu.”

Beberapa hal yang penting yang ditulis dalam firmanNya:

  • Merayakan hari raya pondok daun (Sukkoth)
  • Tinggal dalam pondok-pondok daun (mengingat apa pernah dialami nenek moyang)
  • Mengingatkan generasi berikutnya bagaimana Tuhan menuntun mereka keluar dari tanah Mesir
  • Bagaimana Tuhan menyatakan diriNya diantara mereka

Tujuan dari semua hal tersebut adalah untuk mengingatkan, meyakinkan, dan menyatakan apa yang Tuhan akan kerjakan bagi Israel ditahun-tahun mendatang, yaitu:

  1. Presence (HadiratNya)
    Dalam Imamat 23:36 dikatakan “Tujuh hari lamanya kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN, dan pada hari yang kedelapan kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN. Itulah hari raya perkumpulan, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.” Para Rabi modern mengatakan bahwa pada hari yang kedelapan ini adalah hari dimana Tuhan mau kita berada di dalam hadiratNya.
  2. Protection (PerlindunganNya)
    Bagian terakhir dari ayat bacan kita di atas, menyatakan bahwa Tuhan yang menuntun kita keluar dari tanah Mesir. Saat Tuhan menyertai kita, Dia juga Tuhan yang menjaga dan melindungi kita.
  3. Provision (Provisi / Penyediaan)
    Nehemia 9:15 menyatakan bahwa “Telah Kauberikan kepada mereka roti dari langit untuk menghilangkan lapar dan air Kaukeluarkan bagi mereka dari gunung batu untuk melepaskan dahaga. Pula Engkau menyuruh mereka memasuki dan menduduki negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kaujanjikan memberikannya kepada mereka.”
  4. Productive (Menghasilkan)
    Ulangan 16:15 menyatakan bahwa “Tujuh hari lamanya harus engkau mengadakan perayaan bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN; sebab TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala hasil tanahmu dan dalam segala usahamu, sehingga engkau dapat bersukaria dengan sungguh-sungguh.

Tuhan memberkati

%d bloggers like this: