happy family

Mengelola Keluarga Dengan Baik

1 Timotius 3 : 4-5
“seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya. Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?

Kecakapan & Kemampuan Mengelola

Kecakapan seseorang dalam mengelola keluarga dengan baik, akan menjadi tolok ukur keberhasilan orang tersebut dalam mengatur tanggung jawab lain yang lebih besar lagi dari apa yang Tuhan percayakan dalam kehidupannya. Melalui pemahaman ini, kita bisa simpulkan bahwa kecakapan kita dalam mengelola sesuatu merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai warga Kerajaan Allah. Sebab, segala sesuatu yang tidak dikelola atau ada kesalahan dalam pengelolaan akan menjadi rusak. Kita juga perlu menyadari, bahwa sejak awal Tuhan menciptakan kita, Tuhan sudah memberikan kemampuan untuk melakukan pengelolaan dengan baik dalam diri kita. Kejadian 2:15 menyatakan, “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Sebagai orang yang dipercaya untuk mengelola, kita perlu memperhatikan bagaimana kita mengusahakan (mengembangkan, membuat lebih baik, menambahkan nilai), dan memelihara (menjaga tetap seperti aturan yang diberikan).

Manusia Jatuh Dalam Dosa

Yang sangat disayangkan, ditengah manusia sedang mengusahakan dan memelihara apa yang Tuhan percayakan, manusia jatuh ke dalam dosa, yang membuat mereka memberontak terhadap Tuhan. Pemberontakan dalam hati, membuat manusia jatuh dalam dosa, sehingga hubungan dengan Allah menjadi terputus. Tidak hanya itu, pemberontakan juga membuat manusia tidak lagi mau hidup taat, dalam kata lain, manusia tidak mau lagi menjalankan pengelolaan, karena mereka merasa mereka adalah pemilik. Manusia lebih suka mengatur dirinya sendiri, dan suka mengerjakan apa yang benar menurut anggapannya sendiri.

Menjadi Pengelola Yang Baik

Mari renungkan, apakah kita sudah menjadi pengelola yang baik dalam keluarga kita? Sebagai Bapak, sebagai ibu, atau bahkan sebagai anak-anak, apakah kita sudah melakukan fungsi dan bagian kita dalam keluarga dengan baik?
Mari kita mulai dari diri kita sendiri, dengan membangun kehidupan yang takut akan Tuhan, yaitu kehidupan yang ada di dalam Tuhan, berakar dan senantiasa dibangun di dalam Tuhan (Kolose 2:6-7). Selanjutnya, kita perlu melihat dan menjalani kehidupan seturut dengan apa yang dikatakan firman Tuhan Tuhan tentang Suami, Istri, dan anak-anak.

  • Kolose 3:18 → Istri, hidup tuntuk kepada suami, seperti kepada Tuhan
  • Kolose 3:19 → Suami, hadirkan kasih (Pribadi Tuhan) dihadapan istri, jangan berlaku dan berkata kasar kepadanya
  • Kolose 3:20 → Anak-anak, taatilah orang tua dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.
  • Kolose 3:21 → Orang tua, jangan sakiti hati anak-anak.

Keluarga adalah kepercayaan yang Tuhan berikan untuk kita kelola dengan baik bagi kemuliaan Tuhan, sang pemilik kehidupan keluarga kita